Seperti telah kita ketahui, akhir-akhir ini kita dibuat terperanjat oleh berita di koran Kompas, yang menuliskan bahwa banyak guru PNS yang sulit sekali untuk naik pangkat. Jumlahnya sangat fantastis atau bisa dikatakan cukup banyak. Para guru PNS di tingkat DIKDASMEN sulit mencapai pangkat di atas IV/A karena kemampuan mereka membuat karya Tulis Ilmiah (KTI) masih lemah padahal membuat KTI menjadi salah satu syarat kenaikan pangkat.
Dari data Badan Kepegawaian Nasional (BKN) , sekitar 1,4 juta guru berstatus PNS. Umumnya berada di pangkat III/A sampai III/D yang jumlahnya mencapai 996.926 guru. Adapun di golongan IV ada 336.601 guru, dengan rincian golongan IV/A sebanyak 334.184 guru, golongan IV/B berjumlah 2.318 guru, golongan IV/C sebanyak 84 guru, dan golongan IV/D ada 15 guru.
Dari data Badan Kepegawaian Nasional (BKN) , sekitar 1,4 juta guru berstatus PNS. Umumnya berada di pangkat III/A sampai III/D yang jumlahnya mencapai 996.926 guru. Adapun di golongan IV ada 336.601 guru, dengan rincian golongan IV/A sebanyak 334.184 guru, golongan IV/B berjumlah 2.318 guru, golongan IV/C sebanyak 84 guru, dan golongan IV/D ada 15 guru.
Pengalaman pribadi penulis sebagai seorang guru di SMA Negeri 1 Kota Sungai Penuh Propinsi Jambi , Terhitung Mulai Tanggal (TMT) 1 April 2008 saya sudah golongan IV/A, dimana waktu itu umur saya baru 35 tahun, sementara itu saya pensiun pada usia 60 tahun, berarti kalau saya tidak bisa mencapai golongan lebih dari itu maka saya berada pada golongan IV/A selama 25 tahun. Ini tentu kondisi yang kurang baik atau tidak diinginkan. Selain itu motivasi untuk mengajar tentu akan terganggu juga.
Mengapa banyak guru yang kesulitan dalam membuat sebuah karya tulis ilmiah? Hal ini dikarenakan belum banyak guru yang memahami dan mengenal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sehingga wajar saja apabila banyak guru yang mengalami kesulitan dalam pembuatan karya tulis ilmiah. Lalu mengapa membuat karya tulis ilmiah itu dianggap sulit oleh para guru? Apa yang menyebabkan para guru tidak mampu untuk membuat karya tulis ilmiah? Bukankah PTK itu mudah karena dilakukan oleh guru iu sendiri di kelasnya? Bukankah PTK akan membuat guru menyadari akan masalah yang dihadapi anak didiknya dan mencari solusinya?
Silakan download Makalah Petunjuk Penelitian Tindakan Kelas :
klik disini (pdf)
Mengapa banyak guru yang kesulitan dalam membuat sebuah karya tulis ilmiah? Hal ini dikarenakan belum banyak guru yang memahami dan mengenal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sehingga wajar saja apabila banyak guru yang mengalami kesulitan dalam pembuatan karya tulis ilmiah. Lalu mengapa membuat karya tulis ilmiah itu dianggap sulit oleh para guru? Apa yang menyebabkan para guru tidak mampu untuk membuat karya tulis ilmiah? Bukankah PTK itu mudah karena dilakukan oleh guru iu sendiri di kelasnya? Bukankah PTK akan membuat guru menyadari akan masalah yang dihadapi anak didiknya dan mencari solusinya?
Silakan download Makalah Petunjuk Penelitian Tindakan Kelas :